Amerika terbukti menutupi pembantaian Katyn 1940

Posted: by Aldian Kresna N. in Label: ,


  NEW YORK - Bukti-bukti baru muncul untuk mendukung dugaan bahwa pemerintahan Roosevelt membantu menutupi kesalahan Soviet dalam pembantaian tentara Polandia tahun 1940 di Katyn. Dalam sebuah liputan ekslusif, Associated Press mengungkap dokumen-dokumen yang mendukung kecurigaan bahwa AS tak ingin menyinggung sekutu perangnya, Joseph Stalin.

  Dokumen itu dibuka untuk umum oleh Arsip Nasional Amerika Serikat pada hari Senin (10/9). Lebih dari 22 ribu orang Polandia dibunuh oleh pasukan Soviet atas perintah Stalin pada tahun 1940. Soviet Rusia baru mengakui kekejaman tersebut di tahun 1990 setelah menyalahkan Nazi selama 5 dekade.



  Dokumen-dokumen itu juga menunjukkan bahwa para tawanan perang Amerika mengirimkan pesan bersandi ke Washington tahun 1943 yang mengatakan bahwa mereka telah dibawa untuk menyaksikan mayat-mayat yang sudah dalam keadaan sangat membusuk di hutan Katyn dekat Smolensk, di barat Rusia.

   Kelompok yang terdiri dari tawanan perang berkebangsaan Amerika dan Inggris itu dibawa para tentara Nazi di luar kemauan mereka untuk menyaksikan pemandangan itu.

  Apa yang mereka saksikan meyakinkan kedua orang Amerika, Kapten Donald B. Stewart dan Letnan Kolonel John Van Vilet, bahwa pembunuhan-pembunuhan telah dilaksanakan oleh orang-orang Soviet, dan bukan oleh Nazi, yang belum menduduki tempat itu sampai tahun 1941.

  Suatu pernyataan dari Kapten Donald B. Stewart, yang dibuat tahun 1950, membenarkan bahwa dia mengirim suatu pesan bersandi, yang intinya, "Klaim Jerman mengenai Katyn secara substansial adalah benar menurut opini Van Vliet dan saya sendiri".

  Telah lama dipercaya bahwa Presiden Franklin Delano Roosevelt tidak ingin mempertanyakan versi dari kejadian-kejadian yang ditentukan oleh Stalin, seorang sekutu yang diandalkan AS untuk mengalahkan Jerman dan Jepang ketika itu.

  Menurut laporan Associated Press, informasi tentang pembantaian itu ditekan agar tidak terungkap di tingkat tertinggi di Washington. Seorang ahli dalam masalah Katyn, Allen Paul, mengatakan bahwa sebagian dari materi tersebut tidak muncul di catatan dengar pendapat bersama Kongres di tahun 1951 - 1952 yang diadakan untuk menginvestigasi pembantaian itu, menunjukkan bahwa hal itu memang sengaja tetap disembunyikan.

  Di antara bukti yang baru tersebut adalah sebuah laporan yang dikirimkan oleh Presiden Roosevelt kepada PM Inggris Winston Churchill - yang juga tidak menentang klaim Stalin - yang juga menunjukkan kesalahan di pihak Soviet.

  Laporan itu ditulis oleh Duta Besar Inggris untuk Pemerintahan Polandia yang berada di pengasingan. Owen O'Malley dari Associated Press menulis, sekarang tersedia banyak bukti negatif. Efek kumulatif yang menyebabkan timbulnya keraguan serius atas penyangkalan Russia atas tanggung jawab mereka terhadap pembantaian itu.

  Pembunuhan yang terjadi pada bulan April 1940 dilakukan di Katyn dan beberapa situs lain oleh polisi rahasia NKVD atas perintah Stalin. Anggota elite Polandia, termasuk pejabat, politisi dan artis, ditembak di belakang kepala mereka dan tubuh mereka dihempaskan ke kuburan massal.




0 komentar :

W A R N I N G !

DALAM BERKOMENTAR SETIDAKNYA ANDA HARUS :

> BERTUTUR KATA YANG SOPAN
> TIDAK BOLEH SPAMING DI BLOG INI
> TIDAK BOLEH MENGANDUNG UNSUR LINK ATAU SEJENISNYA
> TIDAK BOLEH BERKOMENTAR DENGAN HAL YANG TAK PANTAS

ATAS KERJASAMANYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH.
BY :ADMIN


Selamat datang

Halo para pengunjung ! Selamat menjelajah dan semoga ilmunya bermanfaat , terimakasih.